Religi  

Gus Baha:  Bertaubatlah Sebelum Ajal Menjemput

MZAW.icwpost.id

Gus Baha menjelaskan dalam ceramahnya tentang tanda-tanda seorang yang dekat dengan ajalnya. Tanda-tanda seorang yang dekat dengan ajalnya menurut Gus Baha. Maut seseorang hamba adalah rahasia Allah SWT, hanya Allah yang tau kapan seseorang mengakhiri perjalalan hidupnya di dunia. Namun, manusia masih bisa merasakan tanda-tanda jika maut segera datang.

Masih ada kesempatan bertaubat, jika anggota tubuh merasakan tanda-tanda tersebut sebelum maut menjemput. KH Ahmad Bahauddin Nursalim akrab disapa Gus Baha, menjelaskan perihal kematian perkara pasti yang akan dialami oleh setiap makhluk hidup di dunia. Jelang kematian manusia, Gus Baha menyampaikan, bahwa orang yang sudah dekat meninggal dunia, akan merasakan tanda-tanda tertentu.

Menurut Gus Baha, siapapun yang telah merasakan tanda-tanda tersebut, segeralah bertaubat dan memperbanyak amal baik, kemungkinan besar itulah hari-hari terakhir hidup di dunia. Murid Almarhum Mbah Moen mengungkapan, tanda-tanda tersebut dirasakan pada bagian betis seseorang, betis terasa kejat – kejat atau kaku dan tegang.

“Maka orang mati itu yang kejat – kejat itu betisnya seperti dalam Alquran,” ucap Gus Baha.

QS. Alqiyamah 29-30

Arab Latin: Waltaffatis saaqu bissaaq Ilaa rabbika yawma’izinil masaaq

Terjemahan: “Dan bertaut betis (kiri) dengan betis (kanan) kepada Tuhan mullah pada hari itu kamu dihalau.”

QS. Alqiyamah 31

Arab Latin: Falaa saddaqa wa laa sallaa

Terjemaha: “Karena dia (dahulu) tidak mau membenarkan (Alquran dan Rasul) dan tidak mau melaksanakan sholat.”

Lanjut Gus Baha menjelaskan, orang yang meninggal dunia merupakan kehendak Allah SWT. “Jadi orang yang akan meninggal itu, Tuhan mengehendakinya,” ucap Gus Baha menegaskan. Gus Baha mengungkapka, kejat – kejat tersebut dirasakan pada bagian betis sehingga bertaut betis yang satu dan lainya.

“Jadi jarang orang akan mati banyak gerak seperti bermain sepak bolah, tetap rata-rata betis ditempelkan, digesek gesekan makanya itu disebut,” jelas Gus Baha menggambarkan.

Sehingganya kata Gus Baha, jika seseorang mulai merasakan hal tersebut, maka maut tidak lama lagi datang menjemput. “Jika sudah begitu maka tanda maut datang menjemput . Meskipun ulama memaknainya bukan fisik, pokoknya orang akan meninggal itu,” ujar Gus Baha. (Red01/Ril)

Respon (1)

Komentar ditutup.