Breaking News

Demokrat Ancam Evaluasi Dukungan ke Anies, Bila Cawapres Tak Diumumkan Bulan Ini

Jakarta.icwpost.id

Dengan alasan elektabilitas Anies cenderung menurun Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief, partainya akan mengajukan usul kepada bakal calon presiden Anies Baswedan agar deklarasi calon wakil presiden disegerakan pada bulan ini.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia, misalnya, kembali menempatkan Anies di peringkat ketiga dengan perolehan suara sebesar 18,9 persen. Unggul dari Anies di posisi kedua adalah Ganjar Pranowo dengan suara sebesar 34,2 persen dan peringkat pertama diisi Prabowo Subianto dengan suara sebesar 38 persen.

Memang ada kecenderungan menurun dari survei Indikator. Dugaan kami adalah lambannya proses deklarasi. Jadi kita akan mengajukan usul ke Pak Anies agar bulan Juni ini segera dideklarasikan,” kata Andi saat dihubungi, Senin, (5/6). Jika pada bulan ini deklarasi cawapres tak kunjung dilakukan, Andi menyebut Partai Demokrat akan melakukan evaluasi. Kendati demikian, Andi tidak menjelaskan secara eksplisit apakah maksud dari evaluasi itu berarti Demokrat berpeluang meninggalkan Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

“Deklarasi dulu. Kalau Juni belum deklarasi berpasangan, kemungkinan Demokrat akan mengevaluasi,” kata dia.

Hasil survei Indikator menunjukkan suara Anies cenderung turun dari waktu ke waktu. Misalnya, pada Januari lalu elektabilitas Anies sebesar 24,2 persen, Februari sebesar 24 persen, April sebesar 22,2 persen, 5 Mei sebesar 21,8 persen, dan 30 Mei sebesar 18, 9 persen.

Perolehan suara Anies berbanding terbalik dengan Prabowo Subianto yang menunjukkan tren peningkatan sejak Januari lalu. Adapun elektabilitas Ganjar cenderung fluktuatif. Survei Indikator digelar melalui wawancara telepon pada 26-30 Mei 2023 menggunakan metode random digit dialing (RDD). Ada 1.230 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Willy menjelaskan, nama ini sudah disampaikan Anies kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat kunjungannya ke Pacitan, Jawa Timur, pada Kamis 1 Juni 2023 kemarin. “Kemarin mas Anies ke Pacitan untuk menyampaikan hasil tim 8 ke pak SBY dan mas AHY, hari ini ke pak Surya Paloh dan nanti ke Presiden PKS dan Habib Salim,” kata Willy.

Dalam kesempatan yang sama, Anies Baswedan membenarkan dirinya sudah mengantongi satu nama bakal cawapres. “Pokoknya prosesnya sudah berjalan, pada waktunya nanti akan diumumkan, yang jelas bukan sore ini pengumumannya,” kata dia

Perlu diketahui Ancaman .evaluasi Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief, menjadi indikator Partai Demokrat termakan propaganda melalui lembaga survei yang sejatinya akurasinya diragukan karena bukti empiris menunjukkan lembaga survei tak terbukti dalam prediksinya pada pemilihan Gubernur DKI 2017 lalu. (red01/ril)