Jambi  

Wagub Ajak PMII Jadi Pemersatu dan Pembaruan Beri Masukan Positif Dalam Rangka Wujudkan Pembangunan di Provinsi Jambi

Jambi.icwpost.id
Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H Abdullah Sani, M.Pdi mengajak seluruh anggota PMII menjadi pemersatu dan pembaruan memberi masukan yang positif dalam rangka mewujudkan pembangunan di Provinsi Jambi. Ajakan tersebut disampaikan Wagub saat menghadiri Silaturahmi dan Buka Bersama dalam rangka memperingati Hari Lahir Ke-63 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) sekaligus Jumpa Alumni, bertempat di Gedung Putih Grand Kemas Jambi, Minggu, (16/04)

“Peringatan Hari Lahir Ke-63 PMII, saya berharap ini menjadi momentum kelahiran baru PMII yang lebih baik, lebih inovatif, lebih produktif dan lebih kreatif sebagai organisasi mahasiswa yang mengemban ideologi Ahlussunnah waljama’ah yang berasaskan Pancasila, sehingga senantiasa melahirkan kader-kader revolusioner berakhlak fitri yang akan mampu membawa perubahan dalam diri, lingkungan dan masyarakatnya,” Ucap Wagub.

Wagub Sani mengemukakan, Alhamdulillahirabbil’alamin, apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak baik itu panitia pelaksana atas kesempatan untuk bersilaturahmi pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah ini dalam memperingati Hari Lahir Ke-63 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tahun 2023. “Dengan doa dan harapan, semoga di usia yang semakin matang ini, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) semakin semangat dan teguh di jalan dakwah untuk membentuk pemuda Islam, pribadi muslim yang bertakwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya serta berkomitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia,” ungkap Wagub.

Disampaikan Wagub Sani, atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, dirinya mengapresiasi seluruh organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang telah berkontribusi membangun sumber daya manusia Provinsi Jambi yang berilmu dan berbudi luhur. Peran PMII ini menunjukkan keberadaan PMII sebagai mitra strategis pemerintah dalam upaya untuk mencapai kemajuan peradaban daerah dan juga bangsa. Pemerintah tak akan mampu membawa bangsa ini ke peradaban yang maju tanpa dukungan dari setiap elemen masyarakatnya.

“Oleh karena itu, besar harapan saya, setiap elemen masyarakat dapat bersinergi dengan pemerintah, bahu membahu, bergerak bersama, untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan daerah. Saya menyambut baik tema yang diusung pada peringatan Hari Lahir ke-63 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tahun ini, yaitu Penggerak Bangsa Memimpin Nusantara. Tema ini sejalan dengan apa yang saat ini tengah menjadi salah satu isu penting yang terjadi akibat dari dampak negatif gempuran globalisasi, yang mempengaruhi keberlangsungan kehidupan suatu negara. Krisis kepemimpinan memerlukan perhatian setiap lapisan masyarakat untuk membentuk suatu ekosistem yang dapat melahirkan para pemimpin yang inklusif, efektif dan mampu memberdayakan masyarakat, daerah dan bangsanya,” jelas Wagub.

“Saya berharap adik -adikku, anak- anakku mahasiswa yang tergabung dalam PMII, sebagai generasi muda muslim sekaligus kaum intelektual, dapat turut berperan dalam pembentukan pemimpin yang kompeten dan berintegritas demi membawa masyarakat dan bangsa ini ke kemajuan dan kesejahteraan peradaban yang adil dan beradab,” lanjut Wagub.

Dikatan Wagub, PMII bagian dari masyarakat, salah satu media untuk membentuk kematangan anggota dan kadernya dalam hidup bermasyarakat. “Melalui organisasi, mahasiswa akan selalu berinteraksi dan beraktualisasi, mawas terhadap berbagai fenomena sosial dan perubahan zaman, sehingga dapat mengimplementasikan kemampuan keilmuannya, menjadi wadah untuk menyiapkan para calon pemimpin yang akan mengarahkan dan memimpin laju perubahan keumatan ke arah yang berkeadaban,” kata Wagub.

“Saya berharap, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia akan senantiasa menjadi mitra sekaligus kontrol sosial untuk membersamai pemerintah dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Peran strategis mahasiswa sebagai rekan sekaligus kritikus utama pemerintah, akan membawa tatanan masyarakat kita menjadi maju, sejahtera, adil dan beradab,” pungkas Wagub.

Sementara itu, Ketua penyelenggara Hari Lahir Ke-63 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jambi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah ikut berpartisipasi dan berkerja sama terselengaranya kegiatan ini dengan rapi, juga ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah menghadiri acara ini, terutama kepada Bapak Gubernur Jambi yang diwakili oleh Bapak Wagub. (Adl)