Ragam  

Punya Tombol Serba Bisa, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Segera Meluncur

ICWPost.id

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max kabarnya akan meluncur dengan perubahan desain yang cukup signifikan. Rumor terbaru iPhone 15 Pro akan hadir dengan tombol serba bisa. Rumor ini datang dari anggota forum MacRumors yang sebelumnya membocorkan informasi akurat tentang Dynamic Island di iPhone 14 Pro. Dalam postingannya, anggota anonim itu mengatakan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan memiliki tombol Action yang dapat disesuaikan.

Sumber itu mengatakan tombol Action ini akan menggantikan tombol dering/silent yang sudah ada di semua model iPhone sejak tahun 2007. Mereka tidak menjelaskan bagaimana cara kerja tombol ini, tapi mungkin dapat dikustomisasi sesuai selera seperti tombol Action di Apple Watch Ultra.

Belum diketahui bagaimana Apple akan mengimplementasikan tombol ini di iPhone 15 Pro. Namun beberapa fungsi yang mungkin akan bisa dikontrol dengan menekan tombol Action antara lain:

Ring/Silent

Do not disturb

Senter

Mode baterai lemah

Mode gelap/terang

Buka pusat kontrol

Buka kamera

Ambil screenshot

Rekam layar

Dan masih banyak lagi

Sebagian besar fungsi ini sudah bisa dikontrol menggunakan Back Tap, fitur aksesibilitas yang diluncurkan di iOS 14. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetuk logo Apple di bagian belakang untuk memicu tindakan tertentu, misalnya menyalakan senter atau mengambil screenshot.

Tombol Action sendiri sudah tersedia di Apple Watch Ultra di mana pengguna bisa mengaturnya untuk memulai workout, membuka stopwatch, menyalakan senter, mengaktifkan backtrack, dan lain-lain.

Sumber MacRumors juga mengatakan tombol Action ini tetap bisa berfungsi beberapa saat setelah iPhone kehabisan baterai berkat chip low-power baru yang disematkan di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. (1/4).

Selain tombol Action, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan memiliki tombol volume singular. Kedua tombol ini akan menggunakan desain solid-state, yang artinya tombol tidak akan bergerak secara fisik tapi pengguna akan merasakan getaran dari haptic feedback.

Namun sepertinya perubahan desain tombol ini hanya akan ada di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Varian iPhone 15 dan iPhone 15 Plus masih akan menggunakan tombol mute dan dua tombol volume. (red01/ril)