Ragam  

Mengintip Indahnya Pulau Rubiah Sabang

Aceh.icwpost.id

Speedboat mulai memacu kecepatannya. Alunan ombak kecil,bersahutan dengan bising suara mesin itu. Sejumlah kapal pengangkut (Speedboat) berlalu lalang dari tepi Pantai Iboih menuju pulau Rubiah. Dari atas dermaga tampak sejumlah wisatawan menunggu antrian. Cuaca hari itu sangat cerah.

Birunya lautan begitu indah. Warnanya agak kemilauan akibat diterpa sinar mentari. Pulau Rubiah, salah satu pulau kecil yang tak jauh dari lepas pantai Iboih, Sabang. Meski tak cukup luas, Pulau Rubiah kerap menjadi pilihan wisatawan untuk berkunjung ke Sabang.

Air yang tenang nan jernih, dengan sedikit gelombang kecil, membuat setiap wisatawan jatuh cinta. Bagaimana tidak, saat cuaca cerah, rumpunan ikan dan indahnya karang disana jelas terlihat dari permukaan. Baca Juga Kapal Pesiar MV Azamara Berlabuh di Pulau Sabang Pengunjung melihat dari dekat ikan hias dan terumbu karang dengan kedalaman satu meter di bawah permukaan laut

Pulau Rubiah juga, memiliki pesona wisata bahari yang sangat memukau. Terletak di ujung paling barat Indonesia ini, pulau Rubiah menjadi tempat bagi para pecinta snorkeling dan diving. Aneka ikan kecil, melimpah disana. Terlebih sejumlah ikan Giant Travelly juga turut bermain di pinggiran pantai. Pulau Rubiah menjadi buruan bagi para wisatawan lokal hingga mancanegara untuk menikmati keindahan dunia bawah laut, serta pantai-pantai nan eksotis.

Pulau Rubiah sendiri merupakan pulau tak berpenghuni. Sebab disana untuk sumber air sulit untuk ditemui. Meski begitu, tiap harinya selalu ada pedagang yang menyediakan jasa snorkeling dan diving untuk para wisatawan. Bagaimana tidak, di Pulau Rubiah sendiri saat wisatawan melakukan snorkeling, aneka biota laut datang mendekat. Mereka tak takut dengan kehadiran manusia.

Terlebih jika para pengunjung membawa umpan ikan berupa indomie yang memang dijual pedagang disana. Ikan hias di perairan Pulau Rubiah seakan bersahabat dengan manusia. Saat umpan diberikan, aneka kumpulan ikan kecil dan besar, mengerumuni para wisatawan. Hal itu pula yang membuat daya tarik di Pantai Rubiah.

Ada banyak aneka jenis ikan disana. Terlebih dari atas dermaga, kumpulan ikan jelas terlihat. Air yang begitu jernih, membuat ia jatuh cinta saat pertama kali berkunjung kesana.

Air yang jernih membuat wisatawan betah berenang sebelum snorkling.   Namun, kini geliat wisatawan mulai bangkit kembali. Untuk menikmati eksotisnya pulau Rubiah, pengunjung hanya mengeluarkan biaya untuk menyewa kapal dari Pantai Iboih ke Pulau Rubiah mulai dari Rp. 20.000 per orang untuk pulang pergi. Untuk menyewa kapal kaca, biaya mulai Rp. 350.000 untuk 10 hingga 15 orang. (red01/ril)