Paluta  

Wakil Bupati Paluta Buka Penyelenggaraan Musrembang RKPD 2024

Paluta.icwpost.id

Wakil Bupati , H. Hariro Harahap SE, M.Si  membuka langsung penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Paluta Tahun 2023 untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 di Ballroom Hotel Sapadia Gunungtua, Kamis (16/03).

Kegiatan ini mengusung tema “Melanjutkan Pembangunan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan Berkelanjutan yang Didukung Stabilitas Politik yang Kondusif Menuju Padang Lawas Utara Tangguh, Mandiri, dan Sejahtera”.

Hadir Bupati Paluta, Andar Amin Harahap S.STP, M.Si, yang diwakili oleh Wakil Bupati Paluta, H. Hariro Harahap SE, M.Si, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kadis Kesehatan Provsu, Ketua dan Anggota DPRD Paluta, Sekretaris Daerah, Para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Unsur Forkompida, Tim Penggerak PKK Paluta, Dharma Wanita Persatuan Paluta, Camat se Kabupaten Paluta, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Paluta, H. Hariro Harahap SE, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Paluta Tahun 2024 menjadi titik awal perencanaan periode Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2024-2026 yang akan menjadi dokumen perencanaan jangka menengah daerah transisi, sebelum tersusunnya dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah yang mengacu kepada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.

Beliau juga mengatakan bahwa tahapan Musrenbang RKPD merupakan tahapan yang sangat strategis dalam merumuskan dan menyepakati tujuan dan sasaran strategis dalam merumuskan dan menyepakati tujuan dan sasaran pembangunan pembangunan dalam rangka :

  1. Menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah,
  2. Menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi,
  3. Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi,
  4. Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

Dijelaskan, bahwa berdasarkan permasalahan dan isu strategis yang ada, sehingga pada Tahun 2024 telah ditetapkan tujuan dan sasaran pembangunan sebagai berikut :

  1. Mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih
  2. Mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas
  3. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang maju
  4. Mewujudkan keberlanjutan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujahid Hasibuan, M. Kes.dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam konteks capaian pembangunan Makro di Kabupaten Paluta hampir semuanya telah menunjukkan capaian yang baik berupa peningkatan laju pertumbuhan ekonomi, peningkatan indeks pembangunan manusia, penurunan angka kemiskinan, penurunan angka pengangguran terbuka, dan peningkatan gini rasio.

Kepala Bappelitbang Ridwan Efendi Daulay, S.STP., MM, dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2023 untuk mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan dalam rangka Penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupaten Paluta Tahun 2024. (BHS)