Jambi  

Wagub Sani Lepas 374 JCH, Mereka Orang-Orang Pilihan

Jambi.icwpost.id
Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pdi mengemukakan, seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) ini merupakan orang-orang beruntung, pilihan Allah SWT, karena bisa berkesempatan melaksanakan ibadah di Baitullah. Demikian dikatakan Wagub saat pelepasan Jemaah Calon Haji kloter 23 Embarkasi Antara Provinsi Jambi tahun 1444 Hijriah.

Dari Kabupaten Muaro Jambi yang berangkat berjumlah 112 orang, Batanghari 138 orang dan Sungai Penuh berjumlah 116 orang, total semuanya berjumlah sebanyak 374 orang Jemaah Calon Haji. Pemberangkatan ditandai dengan penyerahan bendera kepada ketua rombongan di Asrama Haji oleh Wakil Gubernur Jambi H. Abdullah Sani, Senin (12/06).

“Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagi para Jemaah Calon Haji, khusus kloter 23 yang berasal dari Kabupaten Batanghari, Muaro Jambi dan Kota Sungai Penuh. Dimana penantian yang cukup Panjang akhirnya terjawab sudah dengan senang hati. Insya Allah sebentar lagi bapak/ibu akan berangkat menuju tanah suci,” ucap Wagub Sani.

Wagub Sani menghimbau Jemaah Calon Haji untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, toleransi dan kasih sayang dengan sesama, meningkatkan solidaritas, memperkuat persaudaraan, memperkokoh persatuan dan kesatuan serta menunjukkan perilaku sebagai Jemaah Haji Indonesia yang santun, bermartabat dan berakhlakul karimah.

“Jaga kondisi kesehatan karena suhu udara di Arab Saudi sangat jauh berbeda dengan di Tanah Air. Jika ada keluhan Kesehatan Jemaah Haji agar segera berkomunikasi dengan petugas kesehatan yang mendampingi,” tutur Wagub Sani.

Wagub Sani juga berpesan kepada seluruh Jemaah Calon Haji agar selama menjalankan rangkaian ibadah haji terselip doa bagi semua yang ada di Tanah Air, khususnya Provinsi Jambi tercinta, agar senantiasa rukun, harmonis, damai, aman dan sejahtera dalam bingkai keberagaman dan kebersamaan menuju terwujudnya Jambi Mantap.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi dan masyarakat Provinsi Jambi saya ucapkan selamat menunaikan ibadah haji, semoga selalu diberi kesehatan dan kekuatan, selamat sampai ke tanah suci dan selamat kembali ke tanah air. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,” ujar Wagub Sani.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Sani juga menegaskan kepada para Jemaah Calon Haji yang berangkat untuk tidak segan-segan bertanya kepada petugas yang sudah ditunjuk. “Jemaah jangan segan bertanya kepada petugas kita, dan sebaliknya petugas haji untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal agar para jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan sempurna, sehingga menjadi haji yang mabrur,” pungkas Wagub Sani.

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji Kanwil Kemenag Provinsi Jambi H. Wahyudi Abdul Wahab menjelaskan bahwa seluruh proses pemberangkatan Jemaah Calon Haji berjalan dengan baik yang tergabung dalam kloter 23. “Mulai pemberangkatan dari kabupaten, mobilisasinya kebandara berjalan sesuai rencana. Tahun ini jemaah Jambi juga banyak yang lansia, berangkat sesuai dengan kuota yang ditetapkan,” ujar Wahyudi.

Untuk Jemaah Calon Haji Provinsi Jambi yang berangkat pada kloter 23 ini ada salah satu jemaah termasuk yang termuda dari seluruh Indonesia, yaitu jemaah dari Kabupaten Batanghari dengan usia 18 tahun atas nama Sania Wahyu Ningsih. Dan di kloter 23 ini juga terdapat jemaah dengan usia tertua yaitu 92 tahun atas nama Rukiah Ishak Adam yang berasal dari Kabupaten Batanghari. (Adl)