Ragam  

Tiga Unit Rumah Di Langsa Timur Ludes Terbakar

Langsa.ICWPost.id

Tiga unit rumah warga di Dusun Pendidikan, desa Kapa, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa,Aceh ludes terbakar, Kamis (15/9) malam kemarin sekira pukul 21.45 wib. Akibat peristiwa tersebut, empat Kepala Keluarga (KK) dan 15 jiwa kehilangan tempat tinggal dan harus mengungsi. Informasi yang diterima dari BPBD Kota Langsa, Nursal Saputra Jum’at pasca kejadian mengatakan, tiga rumah yang terbakar tersebut masing-masing milik Siti Amainah (62), Zulkifli/Rita Wati, dan milik Sulaiman (40). Nursal menyebutkan, tiga rumah tersebut dibangun berkontruksi kayu sehingga api dengan mudah melahap semua bangunan beserta isinya. 

Menurut keterangan yang diperoleh dari warga, api berasal dari rumah buk Siti Aminah, waktu itu buk Siti sedang memasak, ungkap Nursal. Menurut Nursal, tidak ada harta benda yang dapat diselamatkan, semua ludes seketika termasuk berkas berharga milik korban. Untuk memadamkan api, kata Nursal, pihaknya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menurunkan delapan unit armada pemadam kebakaran dan TRC, juga dibantu satu unit armada water canin dari Brimib Aramiah.

Namun bangunan tersebut tidak terselamatkan. Kendala yang dihadapi petugas dalam mengendalikan sijago merah karena bangunan rumah tersebut seluruhnya kontruksi kayu dan padatnya jalan lintas Medan-Banda Aceh sehingga mengakibatkan jalanan macet serta padamnya listrik dikarenakan kabel induk seluruhnya putus terbakar api. Api berhasil dipadamkan sekira pukul 23.00 WIB, tapi bangunan rumah yang terletak tidak jauh dari SMA Negeri 2 Langsa itu tidak ada yang selamat dan petugas terus melakukan pendinginan sampai dengan pukul 23.30 WIB, tutup Nursal.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, taksiran sementara kerugian mencapai ratusan juta rupiah.(Yan).