Medan  

Sebagian Masyarakat Kota Medan Laksanakan Salat Idul Adha Pagi Tadi

Sebagian Masyarakat Kota Medan Laksanakan Salat Idul Adha Pagi Tadi

Medan.ICWPost.id |
Masyarakat berbondong-bondong menuju ke lokasi pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriah pagi tadi, (9/7) sekitar pukul 06.30 WIB.

Kondisi tersebut terlihat di Masjid Taqwa Medan Tembung. Warga yang sebagian besar merupakan warga Muhammadiyah datang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan.

Jamaah membawa perlengkapan salat lengkap seperti sajadah. Jamaah juga nampak tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker agar terhindar dari penularan virus COVID-19.

Ahmad Saukani, salah seorang jamaah mengatakan, ia bersama istri dan dua anaknya datang untuk salat Idul Adha di masjid tersebut yang kemudian siangnya dirangkai dengan pemotongan hewan kurban.

“Iya, selesai salat, siangnya dilakukan pemotongan hewan kurban. Alhamdulillah kami sekeluarga motong juga tahun ini satu ekor kambing,” katanya.

Pimpinan Muhammadiyah Daerah Kota Medan sendiri sebelumnya menyebutkan terdapat 55 lokasi Salat Idul Adha pada Sabtu, 9 Juli 2022 yang tersebar di berbagai kawasan kota Medan, baik di mesjid maupun di lapangan.

Sementara Pemkot Medan baru akan menggelar Salat Idul Adha 1443 Hijriah pada Minggu (10/7) di Lapangan Gajah Mada, Jalan Krakatau, Kecamatan Medan Timur.

“Bertindak sebagai Imam Salat Id Drs H Syaifuddin Hazmi Lubis yang merupakan qori nasional,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan, Sofyan.

Sedangkan Khatib Salat Drs H Ilyas Halim yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Medan, Sumatera Utara.

Usai pelaksanaan Salat Id, terang dia, dari 89 ekor lembu milik ASN di lingkungan Pemkot Medan, dan empat ekor di antaranya disembelih di Lapangan Gajah Mada untuk merayakan hari raya kurban.

“Selebihnya akan disembelih di wilayah kecamatan, dan kelurahan untuk dibagikan ke penduduk setempat,” tutur Sofyan. (Red01/Ril)