Sumut  

Ngaku Dinas di Kalimantan, TNI Gadungan Diamankan Warga

Ngaku Dinas di Kalimantan, TNI Gadungan Diamankan Warga

Deliserdang.ICWPost.id

Tentara Nasional Indonesia (TNI) gadungan diamankan warga di Jalan Bakkara, Desa Cinta Damai, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada Kamis (26/5). Dia berpura-pura sebagai tentara untuk menarik hati perempuan yang ditaksirnya di desa itu.

Kapendam I Bukit Barisan, Kolonel Inf Donald Erickson menjelaskan TNI gadungan tersebut bernama Kriston Sinaga (21) yang beralamat di Jalan Binjai, Gang Sakina Pardede, Kecamatan Medan Sunggal.

“Kronologisnya, awalnya Kriston sejak Desember 2021 sudah mengaku sebagai tentara dan berkenalan dengan wanita di media sosial bernama Mutiara. Nah, Mutiara ini beralamat di Desa Cinta Damai,” katanya, Jumat (27/5).

Perkenalan mereka di media sosial berlangsung intens. Perempuan berusia 32 tahun itu terperdaya dengan bujuk rayu tentara gadungan itu.

“Tidak berapa lama, keduanya pacaran. Kriston mengaku ke Mutiara sebagai tentara yang tinggal di Kalimantan dan dinas di sana,” ungkapnya.

Kemudian, Santu pekan lalu, Kriston datang menemui Mutiara. Bahkan mereka tinggal serumah di desa itu.

Pada Kamis kemarin, Kriston ke warung dengan pakaian dinas TNI di sekitar Desa Cinta Damai. Di warung tersebut ada warga dan kepala dusun yang bertanya perihal sosok Kriston.

“Jadi ditanya lah dimana dia dinas dan apa pangkatnya. Karena jawaban berbelit – belit Kadus dan warga curiga. Kemudian Kadus menanyakan Kartu Tanda Anggota-nya, ternyata tidak ada,” jelasnya.

Karena curiga kepala dusun itu menghubungi Babinsa Serda Demarli Haloho dan Babinkamtibmas. Tak berapa lama Kriston dibawa ke kantor Desa Cinta Damai. Akhirnya dia mengaku bukan tentara cuma pernah melamar tentara di Kalimantan.

“Setelah itu Babinsa melaporkan kepada Danramil 0201-13/PST Mayor Inf Romi Sembiring. Atas petunjuk Danramil Babinsa dan Babinkamtibmas membawa pria tersebut ke Polrestabes Medan untuk ditindaklanjuti,” tutupnya. (Red01/Ril)