Sumut  

Ketua YKI Cabang Dairi Kunjungi Warga Penderita Kanker Usus di Sitinjo

Dairi.ICWPost.id

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu melakukan kunjungan kepada warga Bapak Sinaga/br. Tanjung yang menderita kanker usus, Kamis (8/12) di kompleks perumahan Rutan Kelas IIB, Kecamatan Sitinjo. Selain menderita kanker usus, isteri dari Bapak Sinaga membutuhkan bantuan untuk kaki palsu di karenakan kakinya terkena amputasi pada beberapa tahun yang lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Romy Mariani yang hadir di dampingi pengurus YKI dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sitinjo mengatakan kehadirannya untuk melihat secara langsung kondisi keadaan keluarga ini. Kehadiran YKI diharapkan Romy Mariani semoga bisa membantu meringankan beban keluarga ini.

“Bapak Bupati titip salam kepada keluarga ini, semoga pengobatan yang sudah direncanakan akan berjalan lagi sehingga bisa tuntas dan sembuh. Kami dari YKI ingin ikut serta membantu masyarakat yang terkena kanker. Kepada masyarakat kami juga selalu menghimbau agar rajin memeriksa lebih dini terkait kanker sehingga dapat mencegah lebih dini,” ujar Romy Mariani yang juga di dampingi oleh Kepala Dinas Sosial Anggara Sinurat, Kepala Dinas Kesehatan dr. Henry Manik, Camat Sitinjo Simon Tony Malau.

Sementara itu, Bapak Sinaga yang menderita kanker usus mengatakan pihaknya akan merencanakan pengobatan pada tanggal 8 Januari 2023. Oleh karena itu, Ia berharap kepada pemerintah bantuan seperti halnya fasilitasi untuk penginapan agar mempermudah meringankan biaya pengobatannya.

Mendengar permohonan keluarga Bapak Sinaga, Kepala Dinas Kesehatan mengatakan pihaknya akan berupaya untuk mengusahakan penginapan yang di minta dengan bekerjasama kepada yayasan di Medan.

“Kalau soal pengobatan, tidak perlu dikhawatirkan karena bapak sinaga ini sudah terdaftar dalam BPJS,” ujarnya.

Sedangkan dari Dinas Sosial, Anggara Sinurat menuturkan akan dilakukan pendataan lebih lanjut kepada ibu Tanjung dan data tersebut akan dikirim ke balai.

“Kita harapkan dan akan upayakan untuk bantuan kaki palsu kepada ibu tanjung sehingga dapat melakukan aktifitas seperti biasanya,” ucap Anggara.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua YKI cabang Dairi memberikan bantuan berupa sembako serta tali asih kepada keluarga Sinaga. Usai menerima bantuan, ibu Tanjung menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Ketua YKI cabang Dairi.

“Komentar saya langsung ibu respon di media sosial, disitu saya menangis. Kehadiran ibu membuat kami semakin bahagia, semoga semua ini menjadi berkat buat kami,” ucapnya dengan rasa haru.(ndk)