Medan  

Ibu Negara Hadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak ke 51 PKK

Medan.icwpost.id
Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-51 PKK, Rabu (17/5) berlangsung di Medan meriah dan istimewa.

Perhelatan yang diikuti pengurus TP PKK Provinsi dan Kabupaten/kota se-Indonesia dihadiri langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Selain memotong tumpeng, Pelindung Utama TP PKK ini memanggil dan berdialog dua kader PKK di atas panggung.

Dalam ajang yang dihadiri antara lain oleh Ketua Umum Tri Tio Karnavian dan segenap pengurus TP PKK Pusat, Oase Kabinet Indonesia Maju, Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari, dan Ketua TP PKK Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution itu, Iriana mendengarkan dengan penuh perhatian ungkapan hati kedua kader PKK yang berasal dari Tebingtinggi dan Siantar itu.

Dalam dialog itu, kedua kader ini mengaku cukup senang dan bahagia bisa terus beraktivitas di TP PKK. Tidak heran, keduanya sudah lebih dari 20 tahun berkegiatan di TP PKK. Walaupun telah lansia, keduanya ingin terus berkegiatan di organisasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Iriana juga meminta agar kader-kader ini tidak sekadar mendapat piagam penghargaan, namun juga pin emas.

Iriana mengatakan, kader PKK memang dikenal memiliki etos kerja yang tinggi dalam menjalankan program organisasi yang sinergis dengan program prioritas pemerintah.

Disebutkannya pula, gerakan PKK itu tumbuh dari bawah. Karena itu, prinsip kerja partisipatif ini membutuhkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarat.

Peringatan HKG ke-51 ini ditandai juga dengan penandatangan MoU antara TP PKK Pusat, Bapanas, dan PT Nestle Indonesia yang dilanjutkan dengan Peluncuran Keluarga Indonesia Bebas Stunting.

Selain itu, pada perhelatan ini juga diberikan Piagam Penghargaan kepada Kader Inspiratif PKK Kabupaten/Kota se-Indonesia dan Penghargaan kepada Wanita yang Berjasa di Bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Budaya, Lingkungan Hidup, dan Pertanian.

Panggung puncak peringatan HKG ke-51 ini juga dimeriahkan oleh penampilan kesenian binaan TP PKK Medan. Awalnya panggung diwarnai dengan kesenian tari yang menampilkan keberagaman etnis dan budaya di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, paduan suara yang apik dan solid pun cukup memukau dengan lagu-lagu daerah Provinsi ini.

Sebelumnya, Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian mengatakan, gerakan PKK senantiasa bertumbuh dan berkembang sinergis dan mendukung serta menyukseskan penuh program-program pemerintah.

Hal ini, sebutnya, sejalan dengan dengan tema HKG ke-51 “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tanggung Wujudkan Indonesia Tumbuh”.

Dalam kesempatan itu, dia juga melaporkan berbagai program yang telah dijalankan TP PKK di antaranya, pendidikan karakter untuk menyiapkan generasi muda, sosialisasi pencegahan nikah dini dan antinarkoba, dan program peningkatan kesejahteraan keluarga. (Red01/ril)