Sumut  

Dengar Keluhan Petani, Bupati Zahir Beri Solusi Penyaluran Pupuk Subsidi

Batu Bara.icwpost.id

Guna mendengarkan keluhan dan aspirasi para petani, Bupati Kabupaten Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP menghadiri rapat koordinasi Pemerintahan Kecamatan Air Putih bersama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Batu Bara, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Batu Bara serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopcam) Air Putih.

Rapat ini juga diikuti oleh seluruh kepala desa, kepala dusun serta PKK kecamatan dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kecamatan Air Putih, yang digelar di halaman Kantor Kepala Desa Pasar Lapan, Kamis (09/03).

Rapat koordinasi sendiri membahas permasalahan yang dihadapi para petani seperti masalah harga pupuk subsidi yang mahal dan distribusi pupuk ke desa yang tidak lancar serta masalah irigasi.

Para petani meminta agar dilakukan operasi pasar pupuk dan perbaikan tanggul Sungai Dalu-dalu milik Pemprov Sumut supaya pengairan ke areal pertanian menjadi lancar.

Keluhan para petani tersebut pun dijawab langsung oleh Bupati Zahir bersama dengan Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Batu Bara Susilistiawati Ritonga. Untuk masalah pupuk subsidi yang mahal, Bupati Zahir mengatakan pendistribusian pupuk ke desa akan dilakukan melalui badan usaha milik desa (BUMDes) yang telah tersedia agar biaya transportasi lebih murah.

“Untuk operasi pupuk akan dilakukan dengan segera dan tegas untuk memastikan pupuk subsidi dan obat-obatan pertanian sampai kepada petani yang benar-benar membutuhkan dengan membentuk tim Satgas di Dinas Pertanian dan Perkebunan Batu Bara,” sebut Bupati Zahir.

Selanjutnya mengenai perbaikan tanggul Sungai Dalu-dalu, Bupati Zahir langsung menghubungi pihak Pemprov Sumut via telepon untuk memastikan proyek perbaikan tanggul sudah disetujui dan akan segera dikerjakan. (Dolok)