Ragam  

Daya Tarik Menara Pandang Tele

Samosir.Icwpost.id

Menara Pandang Tele merupakan destiansi wisata dan spot foto di Sumatera Utara. Lokasi Menara Pandang Tele tepatnya di Turpuk Libong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Tempat wisata ini merupakan salah satu lokasi untuk melihat Danau Toba. Berikut ini daya tarik, harga tiket, dan jam buka Menara Pandang Tele. Daya Tarik Menara Pandang Tele Menara Pandang Tele merupakan bangunan yang terletak di sisi Jalan Tele, dimana jalan ini merupakan satu-satunya akses darat menuju Pulau Samosir.

Bangunan ini terdiri dari empat lantai yang menawarkan pemandangan yang berbeda pada setiap lantainya. Seperti pada lantai dua, pengunjung dapat melihat panorama sekitar melalui balkon yang tersedia. Baca juga: Berwisata ke Danau Toba Naik DAMRI, Ini Rute dan Tarifnya Kemudian pada lantai empat, pengunjung dapat melihat pemandangan dari dalam melalui dinding-dindng kaca.

Pemandangan terlihat lebih luas dari puncak menara. Di sini, pengunjung akan melihat panorama Danau Toba dari segala penjuru. Air Terjun Sampuran Efrata dan sebagian dataran Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah danau juga akan terlihat. Sedangkan dari bagian sisi kiri puncak menara, pengunjung dapat melihat Gunung Pusuk Buhit yang menyimpan legenda tempat pertama asal nenek moyang Suku Batak.

Pada bangunan ini juga terdapat rest area dengan dinding yang terbuat dari kaca. Fasilitas rest area berupa mushola, kamar mandi, balkon, dan sajian kuliner menu khas Batak. Sejarah singkat Menara Pandang Tele Menara Pandang Tele diresmikan oleh Bupati Samosir pada tahun 1988. Pada saat itu, Kecamatan Harian merupakan bagian Kecamatan Pangururan dan termasuk Kabupaten Tapanuli Utara.

Tempat Wisata Baru Samosir untuk Nikmati Panorama Danau Toba Saat Kabupaten Tapanuli dimekarkan, obyek wisata ini masuk ke dalam Kabupaten Samosir. Harga Tiket Menara Pandang Tele Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dari Menara Pandang Tele akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 7.000 per orang.

Menara Pandang Tele Samosir (Indonesia.travel) Jam Buka Menara Pandang Tele Jam buka Menara Pandang Tele mulai pukul 06.00 sampai 00.00 WIB. Rute Menara Pandang Tele Ada empat akses menuju Menara Pandang Tele. Tiga akses adalah naik kapal feri melintasi Danau Toba, yaitu Ajibata-Tomok, Simanindo-Tigaras, dan Nainggolan-Muara. Rute paling favorit adalah Ajibata-Tomok yang merupakan akses pertama kali yang dilewati feri.

Terlebih Pelabuhan Ajibata yang terletak di Kabupaten Prapat merupakan destinasi wisata populer sejak zaman Belanda. Akses lainnya merupakan perjalanan darat yang akan melalui Jalan Tele. Perjalanan ini akan menyeberang jembatan yang menghubungkan Pulau Samosir dengan Pulau Sumatera. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah, di antaranya bukit dan beberapa pohon pinus. Hingga akhirnya, mereka akan sampai di Menara Pandang Tele.

Wisatawan domestik di Menara Pandang Tele melihat panorama Danau Toba dari ketinggian. Menara ini berada di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Untuk diketahui, jarak tempuh Pulau Samosir ke Menara Pandang Tele sekitar 38,1 kilometer dengan waktu tempuh kurang labih 1,5 jam. Perjalanan akan melalui Jalan Tele-Pangururan. Setelah mampir melihat pemandangan di Menara Pandang Tele, perjalanan akan dilanjutkan kembali menuju Kabupaten Humbang Hasudutan. Jarak tempuh dari Menara Pandang Tele ke Kabupaten Humbang Hasudutan sekitar 79,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Perjalanan dapat melalui Jalan Dolok Sanggul-Sidikalang/Jalan Lintas Barat Sumatera dan Jalan Pakkat-Dolok Sanggul. (Ril)