Paluta  

Tingkatkan Pelayanan Adminduk, Disdukcapil Paluta Launching Aplikasi SIMPEL SOBAD

Paluta.ICWPost.id
Meningkatkan pelayanan pengurusan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar launching aplikasi Sistem Pelayanan Secara Online Berbasis Android (SIMPEL SOBAD), Senin (05/12).
Kegiatan launching yang digelar di aula kantor camat Padang Bolak dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan diwakili asisten I Setdakab Paluta Saripuddin Harahap yang dihadiri oleh kepala Disdukcapil Paluta M Ali Hasibuan beserta kalangan pimpinan maupun perwakilan OPD dan camat se kabupaten Paluta.
Dalam sambutan Sekda Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan yang disampaikan asisten I Saripuddin Harahap menyebutkan bahwa seiring berkembangnya zaman dan untuk mewujudkan pelayanan yang cepat dan membahagiakan masyarakat, Disdukcapil Paluta membuat sebuah inovasi dalam hal pelayanan administrasi kependudukan berbasis aplikasi android.
“Dengan keberadaan SIMPEL SOBAD di kabupaten Paluta ini diharapkan bisa menjadi sarana informasi dan memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan,” sebutnya.
Katanya, aplikasi ini bisa langsung digunakan melalui handphone maupun laptop dirumah dan bagia masyarakat yang tidak punya, bisa datang ke kantor Disdukcapil Paluta.
Menurutnya, ini sebuah langkah dan bukti pemerintah memberikan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan dan akuntabel apalagi dimasa era digitalisasi seperti saat ini dan langkah selanjutnya bagaimana nanti mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga mengetahui dan mampu menggunakan aplikasi ini dengan baik.
“Kinerja pemerintah tentu sangat berkorelasi dengan kesejahteraan rakyat yang bisa dilihat dari adanya layanan yang semakin mudah, murah dan cepat maka rakyat akan mudah mengakses apapun,” tegasnya.
Senada, Kepala Disdukcapil Paluta M Ali Hasibuan sebagai ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa aplikasi ini dibuat berdasarkan peraturan Bupati Paluta nomor : 22 tahun 2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang aplikasi sistem pelayanan secara online berbasis android di kabupaten Paluta.
Katanya, penyelenggaraan launching ini dimaksudkan sebagai wahana awal penggunaan aplikasi SIMPEL SOBAD di kabupaten Paluta.
“Harapan kami, peserta dapat mengetahui tentang aplikasi pelayanan Adminduk ini sehingga selanjutnya dapat menyampaikan serta menginformasikan kepada ASN/non ASN dilingkungan SKPD dan kantor camat masing-masing,” harapnya.
Pantauan, kegiatan juga dirangkai dengan penyuluhan kepada peserta terkait penggunaan aplikasi SIMPEL SOBAD serta manfaatnya.(BHS)