Ragam  

Sidikalang Ikut Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu

Dairi.ICWPost.id

Sebagai juara 1 kecamatan terbaik di Kabupaten Dairi, Kecamatan Sidikalang berhak mewakili Pemkab Dairi dalam Pembinaan dan Penilaian Kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2022. Keikutsertaan itu diketahui setelah tim pembinaan dan penilaian kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumut (Provsu) hadir di Kabupaten Dairi pada Kamis (27/10).

Kehadiran tim pembinaan dan penilaian tersebut dipimpin Kepala Bagian Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, Ervan Gani Siahaan disambut oleh Assisten 1, Jhonny Hutasoit dan Camat Sidikalang Swanto Sitakar di Kantor Camat Sidikalang Jalan Merdeka.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jhonny Hutasoit mengatakan, Kabupaten Dairi salah satu kabupaten yang sangat strategis dengan potensi sumber daya alam dan pariwisata yang luar biasa yang diharpakan akan dapat meningkat hingga ke tingkat internasional.

Kecamatan Sidikalang adalah kecamatan yang ditetapkan sebagai yang terbaik di Dairi, dalam penilaian kecamatan terbaik, digali melalui penetapan strategis yang layak untuk dinilai, dan Sidikalang memenuhi kriteria serta sesuai dengan objektifitas.

“Kami berharap bahwa yang dinilai oleh tim kabupaten dapat dipertanggungjawabkan, sehingga dapat dipertandingkan di tingkat provsu,” kata Jhonny.

Disampaikannya, bahwa Bupati Dairi telah menekankan seluruh Camat harus mampu bekerja, memahami tugas dan fungsi tidak hanya teori. Selain untuk rutin melakukan koordinasi dalam menggali dan mengatasi permasalahan di tingkat masyarakat.

Dalam penilaian nantinya, bupati berharap Kecamatan Sidikalang mendapatkan yang terbaik.

“Untuk itu kita serahkan kepada tim penilai. Apapun hasilnya bupati berharap Kecamatan Sidikalang siap menerima, karena samping melakukan penilaian, mereka juga akan melakukan pembinaan,” terang Jhonny.

Selanjutnya, Swanto Sitakar selalu Camat Sidikalang menyampaikan, berbagai hal di bidang kesehatan, Kecamatan Sidikalang selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti halnya terkait stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Kita akan menuntaskan stop BABS 100 persen di bulan November 2022, dimana sesuai data pada bulan Oktober, ada 6 rumah tangga belum memiliki jamban,” sebut Swanto.

Di bidang pemerintahan, menurut Swanto, pihaknya selalu mengadakan kunjungan ke desa secara rutin dan melakukan rapat koordinasi di tingkat kabupaten.

“Sesuai instruksi dari oak bupati, selaku Camat saya bekerja dan berupaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk capaian dari pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2021 Kecamatan Sidikalang sebesar 47 persen, untuk tahun 2022 telah berkomitmen bersama seluruh stake holder dalam hal pencapaian PBB di Kecamatan Sidikalang.

“Kita telah melalukan beberapa inovasi, diantaranya Desa Kalang Simbara dibentuk kampung tangguh pangan, kampung tangguh narkoba dan kampung pancasila,” terangnya.

Sementara itu Erfan Gani Siahaan menyebutkan, dalam penilaian terhadap kecamatan terbaik telah dilakukan oleh tim penilaian dari provsu sejak awal Oktober. Dalam penilaian dan pembinaan ini hanya 2 indikator yang perlu diperhatikan, yakni indikator kepemimpinan serta indikator inovasi kreasi dan prestasi.

“Salah satu unggulan adalah inovasi. Keunggulan tidak hanya hasil bumi, namun kreasi juga. Penilaian ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing kecamatan,” sebutnya.

Pada kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sidikalang Ny Ridha Kartika Swanto Sitakar juga turut memberikan ekspose tentang PKK Kecamatan Sidikalang di hadapan para tim penilai.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bappeda Dairi Charles Bancin, Kepala Dinas PUPR Dairi Hotmaida Butarbutar serta unsur Forkopimcam Kecamatan Sidikalang, Kepala Desa, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. (ndk)