Jambi  

Pj Bupati Tebo Akan Bantu Pengenbangan dan Pemasaran Petani Jeruk di Kilis

Muaratebo.icwpost.id
Banyak yang tidak tahu bahwa dikabupaten Tebo merupakan pemasok Vitamin C di provinsi-provinsi tetangga. Budidaya tanaman jeruk berbagai jenis oleh kelompok tani dikecamatan Tengah Ilir selama menghasilkan ratusan ton setiap kali musim panen agung.
Kabar mulut ke mulut, membuat Pj Bupati Tebo H Aspan penasaran. Senin (6/3), bersama ketua TP PKK Hj Armayanti Aspan sengaja mendatangkan dusun Banteng Makmur desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir dan bertemu dengan salah satu ketua kelompok tani.
Sampai di lokasi, keduanya tampak terperangah melihat pembudidayaan tanaman jeruk oleh kelompok tani setempat. Bahkan sempat geleng kepala mendengar ketua kelompok tani bercerita perjuangan tanpa bantuan pemerintah terutama dalam hal pemasaran hasil panen.
” Untuk kelopak tani kita saja, musim panen agung menghasilkan 20 lebih. Dijual Rp 10 ribu/kg. Belum lagi banyak kelompok tani lainnya. Alhamdulillah untuk jenis ” Banyu Wangi” milik kita di borong pedangan Provinsi Lampung,” tutur Hermanto bercerita ke bupati dan istri.
Mendengar cerita tersebut, Pj Bupati minta pemerintah daerah melalui instansi terkait tidak berpangku tangan dan meminta dilakukan pendampingan kepada semua kelompok tani. Pasalnya, dikatakan H. Aspan jeruk hasil petani Tebo sudah diteliti mahasiswa ITB cukup baik.
” Kita tidak mau para tengkulak semena-mena mematok harga membuat petani merugi. Ini wajid didampingi,”ujarnya.
Ia juga minta instansi terkait berupaya agar pemasangan juga dilakukan di berbagai pasar tradisional di wilayah kabupaten Tebo. Tujuan utama agar petani meraut pundi-pundi rupiah yang besar dan uang ratusan juta rupiah tersebut bisa berputar di wilayah Tebo/ provinsi jambi agar perekonomian masyarakat terus membaik. (Adl)