Sumut  

Kasat Intelkam Polres Tapsel Minta Panitia Penyelenggara Pilkades Paluta 2022 Bersikap Netral

Kasat Intelkam Polres Tapsel Minta Panitia Penyelenggara Pilkades Paluta 2022 Bersikap Netral

Paluta.ICWPost.id |

Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Roman Smaradhana Elhaj, yang diwakili Kasat Intelkam, AKP Eldi Koswara, minta agar para Panitia Penyelenggara Pilkades tahun 2022 di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), bersikap netral. Menurut Kasat, netralitas Panitia Penyelenggara, bisa mencegah konflik saat Pilkades.

“Potensi kerawanan Pilkades Paluta sangat berpengaruh terhadap kestabilan situasi Kamtibmas sehingga dibutuhkan sikap netralitas dari Panitia Penyelenggara dalam pelaksanaan seleksi Pilkades,” ujar Kasat saat menjadi narasumber sosialisasi Panitia Pilkades Kabupaten Paluta, Selasa (12/7) di Aula Akbid Paluta, Desa Aek Haruaya, Kecamatan Portibi.

Sebelumnya, Kasat menguraikan bahwa Kabupaten Paluta dalam waktu dekat akan melaksanakan Pilkades terhadap 116 desa yang tersebar di 12 kecamatan. Hal itu telah diatur dalam Perbup No.20/2022 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Pilkades, 30 Mei 2022, serta SK Bupati No.141/164/K/2022, 13 Juni 2022 tentang penetapan jadwal dan tahapan Pilkades.

“Kami berharap, Panitia Penyelenggara mulai tingkat kabupaten hingga desa serta calon kepala desa itu sendiri tidak memiliki kepentingan ataupun pesanan menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024,” Ucapnya Kasat. (BHS)