Jambi  

Gelar Wisuda ke-53, Wagub Sani : Betapa Besar Peran UNBARI Bangun Jambi

Jambi.icwpost.id
Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi menggelar Rapat terbuka senat dalam rangka wisuda sarjana dan magister ke-53 tahun akademik tahun 2022-2023. Acara yang berlangsung di ballroom Abadi Hotel Jambi, Sabtu (24/06) tersebut dihadiri Wakil Gubernur Jambi Drs. H Abdullah Sani, M.pd.i, Pjs Rektor Unbari Prof. Dr. Herri, SE, MBA. Turut hadir LLDIKTI Wilayah X Muhammad Zamri S. Sos, M.H mewakili kepala lembaga LLDIKTI X. Selain itu turut hadir pula, Para Rektor Universitas, Pejabat Pemerintahan, serta para wisudawan dan wisudawati beserta para orang tua.

Acara wisuda ke-53 kali ini terdiri dari lima fakultas program pendidikan, di antaranya S1 fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, ekonomi, hukum, teknik dan pertanian. Serta program pendidikan S2 Magister Ilmu Hukum dan Magister Manajemen.
Dengan tema melalui wisuda ke 53 ini diharapkan, menghasilkan lulusan yang tangguh mampu berkolaborasi, berpikir, dan bersikap kritis dalam menghadapi tantangan global.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Jambi Drs. H Abdullah Sani, M.pd.i dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf dan salam maaf dari Gubernur Jambi yang tidak bisa hadir dalam kegiatan hari ini dan mengamanatkan kepada dirinya untuk memberikan sambutan.

Dikatakan Wagub Sani, betapa besar peran UNBARI selama ini, dalam partisipasi membangun Provinsi Jambi tentunya. Dimana berdasarkan informasi yang kita terima sampai saat ini sudah lebih dari 17.000 sarjana dihasilkan UNBARI. Ini sebuah apresiasi, dimana para alumni UNBARI ini bisa bersifat sebagai lautan dan juga gunung.

“Dan saya yakin seluruh alumni yang dihasilkan tadi mampu eksis dalam beberapa komponen tadi. Saya yakin dari 17.194 alumni ini, bukan sarjana yang dicetak dari akademis saja. Namun juga memiliki cerdas, intelek, ilmu dan juga akhlak mulia, ” ujar Wagub Sani.

Wagub Sani menyampaikan, kepada saudara yang menyandang sarjana, bahwa saudara memiliki kemampuan membaca kondisi daerah. Namun selaku orang yang terdidik saudara justru harus melangkah membangun optimisme untuk menggapai cita-cita.

“Berusaha dan berjuanglah, baik yang ingin bekerja, berwirausaha ataupun ingin melanjutkan pendidikan, kejarlah cita-cita setinggi mungkin, namun tetaplah rendah hati serendah rumput,” tutur Wagub Sani.
Wagub Sani menjelaskan bahwa saat ini laju pertumbuhan ekonomi Jambi tumbuh 5 persen, diharapkan akan terus tumbuh naik memajukan perekonomian Jambi. Untuk itu Mari bersama-sama memiliki rasa untuk saling membangun Jambi.

“Kami yakin UNBARI akan semakin eksis baik kualitas maupun kuantitasnya,” harap Wagub. “Mudah-mudahan yang diwisuda hari ini akan mendapatkan keberkahan, selamat kepada para rektor, orang tua dan adik-adik yang menjadi wisuda muda,” pungkas Wagub Sani.

Sementara itu Pj. Rektor Universitas Batanghari Prof Herri. menuturkan, pada wisuda ke 53 kali ini terdapat sebanyak 557 mahasiswa dan mahasiswi yang diwisuda.
“Dimana lulusan yang diwisuda hari ini ada 557 orang, terdiri S2 sebanyak 67 orang dan S1 sebanyak 490 orang,” ujarnya.
Dikatakan Pj. Rektor, meskipun berbagai polemik yang beredar di media saat ini terkait Universitas Batanghari, namun tetap tidak mengganggu proses akademik di universitas itu sendiri.

“Saat ini Universitas Batanghari terakreditasi sudah terakreditasi “baik sekali” dari sebelumnya baik,” tuturnya.
Menurut Pj. Rektor, peningkatan ini dari baik menjadi baik sekali, merupakan kerja keras bersama panitia terkait, dan juga terimakasih kepada bapak gubernur yang mendorong naiknya level akreditasi UNBARI. Akreditasi tujuannya adalah untuk mengetahui kelayakan program studi akademi demi kemajuan mahasiswa dan masyarakat.

“Dengan adanya akreditasi sangat baik ini, menunjukkan UNBARI dikelola dengan baik,” ujarnya. Ditambahkan Pj. Rektor, kabar terbaru dari UNBARI sendiri, saat ini pihak kampus tengah menyusun program studi baru, ada tiga program studi baru yang tengah disiapkan, yaitu program Magister Ilmu Ekonomi, Magister Informasi dan juga Magister Ilmu Pendidikan.

“Terima kasih kepada para dosen, dan selamat tentunya kepada seluruh mahasiswa yang pada hari ini resmi menjadi sarjana muda, serta selamat kepada orang tua yang juga turut hadir menyaksikan momen bersejarah ini,” katanya. (Adl)